Rabu, 18 Januari 2012

Apalah artinya sebuah (kartu) nama..

foto : www.konsultankarir.com

     Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan bertemu dan berkenalan dengan orang lain kan? Atau mungkin kita pernah menerima kartu nama dari teman yang kita kenal. Ya, kertas kecil seukuran ATM itu menjadi penting dalam kehidupan sosial kita. Walaupun sekarang ini teknologi komunikasi antar personal lewat ponsel atau situs jaringan sosial sudah semakin maju dan mudah, namun peran kartu nama menurut saya belum bisa tergantikan. Kartu nama tidak terbatas pada orang kantoran, pekerja di sektor non formal bahkan yang belum bekerja sekalipun ada baiknya untuk mempunyai kartu nama.

      Fungsi utama dari kartu nama sudah jelas, yaitu untuk lebih memudahkan kenalan kita mengenal identitas kita. Hal ini memudahkan kita bertukar informasi nama, kontak, alamat dan sebagainya. Namun selain yang tertulis pada kartu nama itu sendiri terdapat added value ketika memiliki kartu nama.  Dalam perkenalan yang singkat, maka penampilan dan personal branding adalah yang utama. Saya menempatkan kartu nama sebagai media personal branding. Menurut saya keuntungan lain  ketika kita memiliki kartu nama adalah :

1.  Menghargai diri sendiri

   Hal tersebut tidak selamanya negatif, asalkan tidak berlebihan dan tidak ingin selalu dihormati. orang akan bisa mneghargai kita kalau kita sendiri menampilkan diri sebagai pribadi yang pantas dihargai. Ketika kita memiliki kartu nama, maka kesan orang lain adalah bahwa kita menghargai diri kita atau profesi yang sedang kita jalani. Kartu nama juga dapat menjadi cermin profesionalisme kita dalam bekerja. Apalagi bagi yang bekerja dalam bidang jasa, konsultasi atau marketing. Serendah apapun jabatan kita, ketika kita sering bertemu dan berkenalan dengan orang lain maka peran kartu nama menjadi penting, minimal untuk menambah kenalan atau agar kita dikenal orang. 

2. Menjadi pribadi yang dikenal

   Walaupun bukan sosok yang terkenal, menjadi orang yang dikenal itu menyenangkan. Bisa jadi kita lebih dikenal dibandingkan dengan pimpinan kita misalnya, karena kemampuan kita bersosialisasi salah satunya dengan media kartu nama ini. Selain menjadi pribadi yang dikenal, tentunya kita juga akan lebih mengenal orang lain yang akan semakin menambah wawasan kita. Sebenarnya banyak hal yang orang lain akan sampaikan pada kita, akan kita rundingkan dengan kita, akan meminta tolong dari kita, namun terkendala karena belum mengenal diri kita.

3. Menjaga etika kesopanan

   Tidak terlalu kentara mungkin ditengah era keterbukaan seperti sekarang ini, tetapi coba bayangkan kondisi berikut : Suatu kali kita berkenalan dengan orang penting dalam karir atau pekerjaan, ketika diminta identitas kemudian kita membuka ponsel, atau menuliskan nomor ponsel pada secarik kertas bungkus teh (hehe..) keliatan gimana gitu.. Akan lebih baik kalau kita memiliki kartu nama, kemudian kita berikan kepada beliau dengan sopan.

4. Salah satu pintu rezeki

   Mungkin penafsirannya cukup jauh, namun tetap berkaitan. Allah memang sudah mengatur rezeki yang yang akan kita terima jauh sebelum kita dilahirkan. Nah, salah satu pintu rezeki adalah ketika kita bersilaturahim dengan orang lain. Tidak lewat kartu nama saja, namun setidaknya hal itu akan sangat membantu. Kita berkenalan dengan seseorang misalnya, ketika kita hanya bertatap muka kemungkinan beberapa waktu kemudian akan lupa. Namun apabila kita memiliki kartu nama maka, walaupun lupa pasti akan dapat dicari kembali apabila suatu waktu orang tersebut membutuhkan kita. 

       Sedikit share saja berkaitan dengan kartu nama, alhamdulillah saya sudah mencobanya. Awalnya agak ragu ketika akan memberikan kartu nama kepada orang yang baru kita kenal, tapi yakinlah bahwa itu adalah salah satu investasi yang sangat menguntungkan untuk waktu mendatang. Bagaimana tidak, dengan modal 35.000 rupiah kita sudah dapat 100 orang kenalan. Selanjutnya kita akan menjadi orang yang dikenal dan diberikan rezeki oleh Allah atas silaturahim yang kita lakukan. So, apa yang membuat anda menunggu untuk memilikinya??

1 komentar:

  1. berdasarkan artikel lain yang saya baca, gambar diatas adalah sikap yang tepat ketika memberikan kartu nama pada orang lain..

    BalasHapus