Selasa, 01 Mei 2012

Indonesia Makan Pisang!!


        Sedang belum punya inspirasi untuk nulis yang berat-berat, yang ringan dulu lah, kali ini bercerita tentang pengalaman, yang harapannya bisa menambah referensi sekaligus promosi pariwisata Indonesia yang subhanallah luar biasa.. Pariwisata di Indonesia selain didukung dengan panorama alam yang istimewa, budaya yang unik juga yang tidak kalah adalah kulinernya. Banyak sekali makanan khas di seantero Indonesia yang menunggu untuk kita santap dan bikin ngiler.
     Tulisan ini sesuai dengan judulnya yaitu berkisah tentang pisang. Berawal dari pengalaman mengunjungi beberapa tempat di Indonesia. Anda semua tentu sepakat kalau di Indonesia ini banyak terdapat makanan khas daerah yang tidak hanya unik, tapi juga enak. Kalau semua kuliner andalan di Indonesia dibuat buku resep sudah pasti akan jadi berbuku-buku, oleh karena itu saya coba bercerita mulai dari buah yang sering kita temukan, yaitu pisang. Buah yang sangat umum di Indonesia ini ternyata bisa menjadi kuliner kudapan yang eksotis ditempatnya sendiri-sendiri. Selain rasanya, tentu juga didukung dengan suasana yang tidak kalah menariknya. Berikut beberapa kudapan dari pisang dari beberapa tempat di Indonesia.

1. Pisang Srikaya, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
       Pisang goreng srikaya tepatnya, salah satu primadona Kota Pontianak. Seperti pisang goreng pada umumnya, tetapi terbuat dari jenis pisang tertentu dan ditambah dengan krim srikaya yang manis. Selain srikaya juga bisa ditambah keju, meses atau tambahan lainnya. Rasanya menurut saya lumayan enak. 

      Pisang Srikaya sebenarnya banyak dijual di sepanjang jalan Gadjah Mada, salah satu lokasi yang ramai di Kota Pontianak. Pesan saya kalau mau makan di Jalan Gadjah Mada harus hati-hati terutama bagi yang muslim, karena disana juga banyak menjual daging babi. Tetapi kalau anda ingin menikmati pisang srikaya dengan suasana Pontianak yang lebih hidup jangan lupa untuk mencoba wisata air di sungai Kapuas. Pada malam hari kita akan melihat suasana kota Pontianak dari sungai Kpuas dengan naik kapal. Sebelum naik kapal kita dapat memesan pisang srikaya untuk dinikmati diatas kapal. Menikmati manisnya pisang srikaya diatas kapal sambil menikmati sungai Kapuas dan Kota Pontianak di malam hari sungguh pengalaman yang unik.
     Kota Pontianak selain terkenal sebagai Kota Khatulistiwa, terkenal juga dengan kebudayaan Suku Dayak. Oleh karena itu budaya Suku Dayak sudah seperti menjadi ikon tersendiri bagi Provinsi Kalimantan Barat. Kalau berkesempatan ke Kota Pontianak, maka perlu juga untuk mampir ke pusat oleh-oleh di Kota Pontianak, disana dijual beraneka souvenir dengan tema etnik yang unik.

2. Pisang Epe, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
         Pisang Epe adalah makanan khas Kota Makassar yang terbuat dari pisang kepok yang setengah yang dibakar dan dipipihkan. Pisang Epe disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera. Selain itu kita juga bisa memilih rasa yang kita inginkan. Standar sih, bisa pilih susu, coklat, keju atau lainnya. 

      Kalau pengen nyoba, pisang epe banyak dijual di seputaran pantai Losari Kota Makassar. Kita bisa menikmati pisang epe sambil melihat sunset di pantai Losari atau menikmati suasana pantai dimalam hari. Jangan lupa siapkan beberapa uang kecil untuk para seniman yang menghidupkan suasana di pantai Losari. Selain itu, kuliner lain di Makassar memang terkenal enak, selain beraneka macam seafood ada juga Coto, Palu Basa, Konro, Mie Kering dan lainnya. Kalau menurut saya Kota Makassar adalah tempat yang cocok untuk karnivor, dan tempat yang cukup menyiksa juga buat vegetarian, hehe..

3. Pisang Goroho, Kota Manado, Sulawesi Utara
      Kota Manado merupakan kota pantai yang sangat menarik. Dari sana kita bisa ke Bunaken, dimana keindahan satwa laut dan koral yang sudah mendunia. Banyak juga kaum pria yang bilang kalau wanita asli Manado itu cantik, dalam hati mengiyakan, hehe. Normal dong..

       Kuliner di Manado juga enak lho, saya suka mie cakalang. Selain itu kudapan dari pisang yang satu ini juga sayang untuk kita lewatkan ketika mengunjungi Kota Manado. Namanya pisang goroho, yaitu pisang yang belum matang, diiris agak tebal kemudian digoreng tanpa tepung kemudian dinikmati dengan sambal yang khas. Seperti sambal terasi, katanya namanya sambal Rowa karena ditambahi dengan ikan Rowa. Sambalnya lumayan pedas, kombinasi pisang goreng dan sambal khas inilah yang bikin nagih. Kalau kepengen, pisang goroho bisa dinikmati di sekitar boulevard Kota Manado. Katanya sih enak juga dinikmati dengan minuman Saramba, belum tahu juga karena belum nyoba..
       Selain makanan tersebut,banyak juga jenis seafood di Kota Manado. Kalau memilih tempat makan harap hati-hati, seperti halnya di Pontianak, di Kota manado juga banyak dijual daging babi, apalagi kalau kita pernah membaca artkel tentang Pasar Tomohon yang tidak jauh dari Kota Manado yang menjual “makanan ekstrim”. Tetapi tempat makan disana rata-rata memasang tulisan yang jelas tentang ini.
       Begitulah beberapa makanan dari pisang yang jadi ikon di kota masing-masing. Jangan lupa untuk mencoba bila mengunjungi tempat tersebut. Kalau ada info tambahan tentang kuliner pisang ditempat lain dapat juga dishare disini.

1 komentar: